About Us

Sejarah

Mengungkap perjalanan sejarah kecil batik Sekar Putri diawali dari sebuah kegiatan usaha keluarga yang mengusung konfeksi busana muslim anak dengan brand “Bee Necys” di tahun 2004, selanjutnya usaha ini berkembang pada ranah seni batik yang berpilar pada potensi Budaya daerah Kota Cimahi.

Pada tahun 2011 nama SP (Sekar Putri) terlahir sebagai sebuah brand produk batik & aksesorisnya, hingga berkembang sebagai wadah kreativitas seni membatik dan wacana pengembangan Budaya daerah dengan menghadirkan tata nilai yang mengedepankan kekhasan original design atau motif yang dituangkan dalam setiap produk agar nuansa keindahan sebuah karya dapat dirasakan dan dipancarkan oleh setiap pemakainya.

Di awal perkembangannya, Sekar Putri menitik motif cap sebagai unggulan awal kala itu, dasar motif yang diambil adalah potensi daerah yang menjadi motif pakem cimahi, yaitu : Bambu CiawitaliRereng KujangSampeu CirendeuPusdik MiliterCurug CimahiAir. Dari lima motif dasar itulah Sekar Putri mengembangkan ragam hias baru, dengan karakter khas bermakna hingga mencapai 45 motif cap sampai saat ini. Perjalanan yang cukup baik untuk sebuah usaha kecil.

Seiring perkembangannya, jatuh bangun di Internal kerap terjadi pada semua kegiatan usaha, Sekar Putri berusaha berkomitmen dengan niat baik sejak awal usaha ini terbentuk dan terus berupaya memperbaiki diri. Tahun 2013 Sekar Putriberhasil mengembangkan karya seni apiknya dengan merambah Batik Tulis sebagai karya lanjutan selama ini, dan motif tulis ini masih diangkat dari berpilar pada karakter kuat kota cimahi yang diusung dan merambah pada ke-khasan, keluwesan serta kearifan budaya Jawa Barat, yang sudah mulai tergeser oleh usia dan situasi zaman.

Motif ini tercipta dari sebuah komitmen, kreativitas, inovasi, sehingga diharapkan produk yang dihasilkan sarat dengan makna dan terbalut keindahan, sisi originalitasnya terjaga, serta kharisma pemakainya akan terbentuk. Hingga saat ini motif Batik Tulis yang tersedia sudah 16 motif, yaitu : Sekar Awi LigarSekar Awi TamiangSekar BarosSekar MelatiSekar DadaliKupu-kupu NgibingSekar HanjuangSekar Kawung KujangSekar Kujang Wibawa MuktiSekar Polka LirisSekar Putri NgajagatSekar Kusuma AtiSekar Pupuh Tujuh WelasSekar Malati, Sekar ArumSekar Kai Baros.

Semua motif di atas merupakan karya original lewat goresan garis, titik dan ukel sebagai balutan design pada motif, celupan warna indah dan apik yang tertuang dalam setiap produk batik Sekar Putri yang tak ternilai dan siap berakselerasi, berkompetisi, hingga mampu membentuk citra diri bagi pemakainya.

Buah karya seorang Rienny Hadisoebana, juga sebagai owner di Sekar Putri ini adalah Putri ke Delapan dari Sembilan bersaudara pasangan Ara Suhara Surawiangga dan Hadisoebana, yang mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat pecinta seni batik untuk memiliki dan memakainya hingga menjadi kebanggan masyarakat Kota Cimahi. Wacana yang terus direngkuh dan akan selalu dikembangkan adalah Edukreasi & Wisata Batik, yang akan menambah pilar-pilar kekuatan Sekar Putri, hingga dapat menjadi Trend Setter dan sebuah acuan masyarakat Kota Cimahi, Jawa Barat dan membawa Indonesia ke jenjang Internasional dengan Batik Apiknya.

Batik “Sekar Putri”

Batik adalah sebuah wujud karya seseorang yang memiliki nilai seni tinggi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia yang tak ternilai sejak 10 abad silam.Coretan dan goresan apik yang berhasil dirangkai menjadi sebuah karya seni yang penuh makna, pesan, dan harapan pembuatnya, bahkan dapat menjadi sebuah simbol Feodalisme serta bernilai sakral.

Sesuai perkembangan zaman dan pergeseran nilai budaya suatu bangsa, motif batik berkembang sedemikian rupa hingga menjadi kekayaan seni yang sangat beragam.Unsur sebuah desain batik tidak terbatas, kekhasan dan potensi daerah pun dapat menjadi motof batik yang Indah dan bermakna.

Sekar putri adalah Pengrajin, Pengembang Batik di Cimahi – Jawa Barat, yang mencoba mengeksplorasi potensi daerah dengan menghadirkan desain motif batik yang diakomodir/ diserap dari 5 unsur dasar desain kota Cimahi seperti Bambu Ciawitali, Sampeu CIreundeu, Pusdik Militer, Senjata Kujang dan Curug, hingga menjadi Karya Seni yang apik dan bernilai, menambah ragam Karya Seni Batik serta khazanah Batik Nasional Nusantara.

Selain sebagai pengrajin Sekar Putri juga mengembangkan edukasi Batik, melalui pelatihan dan pembelajaran batik ramah lingkungan kepada masyarakat umum dan pelajar, menggunakan metode pembelajaran dengan suasana nyaman serta menyenangkan.

 

Tag Line

Sekar Putri…… Pilihan terbaik bagi tujuan wisata belanja dan belajar membatik.

Visi

Berkreasi dalam melestarikan nilai-nilai budaya batik yang ramah lingkungan.

Misi

  • Menanamkan nilai-nilai budaya batik pada generasi bangsa agar mencintai batik daerah;
  • Mewarnai aktivitas kelembagaan dengan nilai-nilai budaya batik;
  • Mengembangkan warna, corak, ragam, pola dan motif batik yang digali dari nilai-nilai kearifan lokal;
  • Mewarnai desain busana dan karya seni lainnya dengan motif batik;
  • Menggalang potensi diri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya dalam meningkatkan kesejahteraan kami;
  • Mengembangkan produk batik yang ramah lingkungan.